December
07
2021
December
08
2021
Cancel a reservation
Loading...
0/9

Kristal Hotel

Tips Menghemat; Biaya Prewedding Indoor dan Prewedding Outdoor

Dokumentasi pra nikah atau istilah yang biasa sering didengar adalah foto prewedding adalah kegiatan atau sesi pemotretan sepasang calon pengantin sebelum hari pernikahan. Foto prewedding merupakan kegiatan yang wajib dilakukan beberapa pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Rasanya gak sempurna pernikahan bila tidak memiliki foto prewedding.

Lokasi foto prewedding sendiri tergantung konsep yang diinginkan oleh kedua calon pengantin. Kamu bisa memilih lokasi prewedding di dalam ruangan (indoor) atau di luar ruangan (outdoor).

Saat ini mencari penyedia jasa foto prewedding sangat mudah. Bahkan, kebanyakan jasa foto prewedding juga memberikan pilihan paket yang terdiri dari penyewaan studio, makeup, gaun, hingga properti yang digunakan. Mengenai biaya foto prewedding, tarifnya pun bervariasi tergantung konsep yang kamu inginkan, lokasinya hingga properti yang digunakan. Berikut ini tips menghemat biaya foto prewedding agar semurah mungkin namun tetap menghasilkan foto yang unik dan secantik mungkin.

#Tentukan konsep foto prewedding


Seberapa besar biaya foto prewedding yang akan kamu keluarkan nanti tergantung dari bagaimana konsep foto prewedding kamu. Konsep yang unik dan menarik tentu menjadi idaman semua orang, apalagi ini foto prewedding seumur hidup sekali.

Kamu bisa mencari referensi foto prewedding di dunia maya. Konsep pemotretan pun terbagi ke dalam 2 kategori berdasarkan lokasi, yakni indoor dan outdoor. Untuk indoor ada beberapa ide konsep pemotretan seperti memasak di dapur atau kegiatan sepasang kekasih di living room.

Adapun ide konsep foto prewedding di outdoor, kamu bisa memanfaatkan taman di kompleks perumahan atau lapangan olahraga seperti lapangan basket dan badminton. Tentu akan memangkas budget foto prewedding.

Apapun konsep foto prewedding yang sudah kamu dan pasangan tentukan, yang penting foto tersebut bisa membawa suasana keromantisan tersendiri saat kamu dan pasangan melihat hasilnya setelah menikah.

#Manfaatkan baju yang ada di lemari dan properti pribadi


Sesaat setelah menentukan konsep foto prewedding, sebaiknya kamu segera melihat isi lemari, siapa tahu saja kamu memiliki baju atau gaun yang sesuai dengan konsep yang sudah kamu dan pasangan sepakati.

Konsep foto prewedding yang santai seperti memasak di dapur atau menghabiskan waktu di living room dengan pasangan merupakan konsep yang minimalis, budget yang kamu persiapkan juga akan minimalis karena kamu hanya akan memanfaatkan pakaian yang biasa kamu kenakan sehari-hari.

Kamu juga bisa memangkas biaya foto prewedding dengan memikirkan konsep sekaligus memikirkan baju atau gaun yang akan digunakan beserta propertinya.

Selain melihat isi baju kamu juga harus melihat barang-barang dan koleksi apa yang kamu dan pasangan miliki di rumah. Atau, kalau perlu untuk meminjam barang dan koleksi dari teman pun gak masalah.

Gak perlu lagi membeli baju atau gaun hanya untuk foto prewedding yang dilakukan seumur hidup sekali, bisa-bisa kamu jadi boros.

#Pilih lokasi terdekat, spot foto bagus, dan gratis!


Gak perlu terbawa arus teman sepermainan dengan mengutamakan foto prewedding sedemikian rupa tapi justru menghambur-hamburkan uang karena mengeluarkan biaya yang gak sedikit. Solusi agar biaya foto prewedding murah yang pertama adalah tentukan lokasi di dekat rumah kamu atau pasangan.

Lokasi yang mudah dijangkau hanya dengan mengendarai motor kalau bisa. Sebab, bila dipikir-pikir, lokasi yang jauh tentu memerlukan budget lebih seperti menyewa mobil untuk satu tim dan bensinnya. Belum lagi kalau di luar kota harus ada akomodasi lain seperti penginapan untuk tim fotografi.

Kamu bisa memanfaatkan taman di kompleks perumahan, museum di kota hingga stasiun yang sudah tidak beroperasi. Atau, kamu juga bisa menggunakan konsep foto prewedding di tempat yang memiliki memori tersendiri untuk kamu dan pasangan. Misalnya, tempat pertama kali kalian bertemu atau tempat kencan pertama kali.

Jika kamu dan pasangan gak sengaja bertemu di kampus, maka kamu bisa memanfaatkan kampus sebagai lokasi pemotretan atau hanya sekadar memanfaatkan background kampus atau konsep perkuliahannya saja yang bisa kamu terapkan di foto indoor atau outdoor.

Ingat, esensi dari foto prewedding selain untuk dipamerkan di undangan dan di pesta pernikahan juga foto tersebut bisa membangun memori romantis antara kamu dan pasangan saat sah menjadi sepasang suami-istri nanti.

#Foto di luar daerah, cari jaringan untuk memangkas budget penginapan


Apabila konsep yang sudah kamu dan pasangan putuskan tetap mengharuskan melakukan pemotretan di luar daerah tempat tinggalmu. Tentu biaya akomodasi harus kamu perhatikan. Bukan hanya sebatas budget untuk menyewa mobil dan mengisi bensin saja, melainkan juga memikirkan di mana kamu, pasangan, dan tim akan bermalam.

Mau gak mau harus menyewa penginapan yang bisa saja harganya selangit apalagi kamu akan menyewa kamar penginapan lebih dari 2 ruang hotel.

Sebelum berangkat melakukan pemotretan, gak ada salahnya kamu mengingat kembali adakan teman yang kamu dan pasangan miliki di daerah tujuan dan bisa untuk memberikan tumpangan menginap semalam saja. Lumayan, kamu bisa bermalam dengan gratis.

Atau, kamu bisa meminta tolong kepada teman yang bekerja di penginapan di daerah tujuanmu untuk memberikan potongan harga untuk kamar penginapan.

#Pilih fotografer dari jauh-jauh hari


Saat menemukan fotografer dengan hasil foto sesuai dengan ekspektasi kamu, segera melakukan booking schedule. 

Sebab, bila kamu tunda-tunda dengan alasan untuk membandingkan harga, takutnya waktu sudah mepet menuju hari di mana kamu harus melangsungkan foto prewedding. Tarifnya bisa saja naik bahkan dua hingga tiga kali lipat. Oleh karena itu, hindari booking fotografer dekat dengan hari pemotretan.

Atau, kamu bisa menggunakan solusi yang kedua yakni memanfaatkan teman yang ahli memotret atau sedang belajar memotret. Negosiasikan harga yang tepat dengan sistem win win solution.

Beberapa kasus foto prewedding, mereka akan lebih leluasa berdiskusi tentang konsep dan teknis pemotretan foto prewedding dengan orang yang sudah mereka kenal. Kamu jadi lebih leluasa meminta angle foto yang berbeda atau pose yang berbeda.

#Hindari melakukan pemotretan di hari libur


Kamu dan pasangan sudah memutuskan akan menggunakan jasa fotografer foto prewedding andal. Selain jangan melakukan booking mepet dengan hari pemotretan, hindari juga melakukan pemotretan di akhir pekan atau hari libur.

Pasalnya, para fotografer andal akan memasang tarif yang berbeda bila melakukan sesi photoshoot di akhir pekan atau hari libur.  Gak cuma tarif fotografernya aja yang naik, biaya akomodasi seperti penginapan juga lebih mahal di akhir pekan atau hari libur ketimbang di hari biasa.

Apalagi bila kamu memiliki konsep foto prewedding outdoor di tempat umum, jangan harap mendapatkan lokasi foto prewedding yang sepi pengunjung.

#Trik pemotretan teknis, foto di siang hari hingga gunakan tripod


Trik teknis pemotretan yang satu ini dikhususkan untuk kamu yang memiliki konsep foto prewedding outdoor. Kata kunci yang harus kamu ingat adalah jangan melakukan sesi pemotretan outdoor di malam hari.

Sebab, kamu harus mengeluarkan biaya lebih untuk menyewa lighting. Adapun melakukan sesi pemotretan di siang hari kamu gak perlu lagi menyewa lighting karena memanfaatkan cahaya sinar matahari yang lebih terang dibanding lampu lighting.

Selain hasilnya lebih cerah, kamu gak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk pencahayaan. Kamu juga bisa memanfaatkan sunrise dan sunset untuk hasil foto yang lebih mendalam.

#Minimalis dengan tripod tanpa harus menyewa jasa ahli foto


Trik lainnya untuk menekan biaya foto prewedding adalah dengan memanfaatkan tripod. Sayangkan kemampuan fotografi yang kamu atau pasangan miliki dan kamera profesional yang dimiliki gak dimanfaatkan dengan semestinya.

Untuk membantu sesi pemotretan yang dilakukan sendiri tanpa menyewa jasa ahli foto, kamu bisa memanfaatkan tripod. Konsep fotonya pun gak kalah unik dan menarik, kamu bisa mencoba konsep candid yang sedang populer.

#Pangkas biaya MUA dengan mencoba skill berdandanmu


Budget yang harus kamu persiapkan untuk menyewa seorang MUA berkisar antara Rp300 ribu hingga Rp1 juta, tarif yang gak sedikit. Memang hasilnya pasti sangat memuaskan dan kamu terlihat sangat cantik di hasil fotonya nanti.


Namun, gak ada salahnya untuk mempercayakan kemampuan atau skill berdandan mu. Pada dasarnya, kamu si pemilik wajah tentu kamu orang yang paling mengetahui bagaimana kontur wajahmu. Gak ada salahnya mencoba skill makeup yang sudah terpendam lama.

Untuk mengingat dan membangkitkan lagi seni berdandan, kamu bisa mengikut tutorial makeup yang tersebar di Youtube.

#Cetak dalam bentuk digital


Salah satu yang membuat biaya foto prewedding membengkak adalah mencetak hasil fotonya. Sebetulnya, kamu gak perlu mencetak seluruh foto prewedding. Cukup disimpan di dalam flashdisk saja.

Gimana caranya dipamerin kalau gak dicetak? Cetak beberapa foto yang kamu rasa bagus dan layak untuk dipamerkan di pesta pernikahanmu. Atau, solusi lainnya adalah kamu bisa memanfaatkan proyektor untuk memutar seluruh foto prewedding.

Nah itulah beberapa tips dalam melakukan penghematan biaya prewedding, sekarang tinggal menentukan pilihan yang paling tepat yang mana antara prewedding indoor maupun outdoor dan harus dipertimbangka dengan benar. Dan lebih baik lagi jika pasangan juga sudah menentukan konsep pernikahan mereka seperti apa, kemudian tempat pernikahan yang akan diselenggarakan.