June
17
2021
June
18
2021
Cancel a reservation
Loading...
0/5

Kristal Hotel

Wedding Organizer vs Planner vs Designer: Apa Bedanya?

Wedding organizer apa bedanya dengan wedding planner?_ Pernikahan tak jarang merupakan momen sekali dalam seumur hidup, sehingga calon pengantin yang sedang mempersiapkan rencana pernikahan tidak memahami apa sebenarnya perbedaan antara wedding planner, wedding organizer, dan wedding designer.

 

Wedding Planner


Wedding planner merencanakan pesta pernikahan Anda mulai dari awal, mengorganisir semua, mulai dari pertemuan keluarga, membuat janji temu dengan vendor dan menemani saat meeting, memberi masukan vendor mana yang sesuai, hingga mengingatkan pengantin untuk melakukan perawatan sebelum hari pernikahan tiba.

Seorang wedding planner akan membantu Anda untuk tidak lagi menebak-nebak hasil akhir dari vendor yang Anda pilih, membuat perencanaan pernikahan berjalan mulus dan selancar mungkin. Seorang planner akan melacak budget Anda dan memberi saran bagaimana agar visi dan budget itu berjalan selaras. Ini adalah keterampilan yang dapat dipelajari banyak orang, tetapi hanya planner terbaik yang memiliki pengalaman bertahun-tahun yang akan membantu rencana pernikahan Anda jadi yang terbaik.

Wedding planner kadang bersedia untuk menyediakan layanan design atau stylist, serta membantu dengan berbagai ide kreatif di hari pernikahan Anda, sementara juga ada Planner yang lain memilih untuk menyerahkan detail tersebut kepada Wedding organizer, yang berarti Anda harus menyewa dua profesional untuk menciptakan hari yang Anda impikan .

Tugas Perencana Pernikahan dimulai sejak pertama kali Anda berencana untuk melangsungkan acara pernikahan, itu berarti bisa beberapa tahun atau beberapa hari sebelum acara dilaksanakan. Wedding planner akan menjadi pendamping Anda untuk merencanakan pertemuan keluarga, pemesanan undangan, pemilihan gedung pernikahan, hingga memilih wedding organizer untuk hari-H.

Kapan Anda perlu menyewa seorang wedding planner? Itu adalah ketika Anda dan pasangan terlalu sibuk untuk merencanakan pernikahan, tidak ingin terlalu stress terkait pernikahan karena tidak tahu harus mulai dari mana dalam hal perencanaan, dan keterampilan organisasi Anda yang pas-pasan. Atau mungkin saja rencana pernikahan yang terlalu mepet, sebaiknya Anda menggunakan jasa wedding planner. Semua ini tentu saja jika Anda memiliki budget untuk itu.

 

Wedding Organizer


Wedding organizer adalah tim wedding coordinator yang bekerja bersama untuk membantu pelaksanaan acara pernikahan Anda. Mereka bertugas kurang lebih sama dengan wedding planner tetapi pada garis waktu yang lebih singkat. Mereka biasanya mulai membantu Anda mempersiapkan diri sebulan sebelum pernikahan dan berfungsi sebagai orang penting di hari pernikahan.

Tugas Koordinator Pernikahan, mereka bertemu dengan Anda empat hingga delapan minggu sebelum pernikahan untuk mengetahui apa yang telah Anda rencanakan sejauh ini. Melakukan pemeriksanaan vendor Anda, mengonfirmasi kontrak vendor, dan membuat jadwal di hari H, serta memastikan hal-hal seperti pembayaran dan jumlah tamu sudah sesuai, tetapi tidak akan terlibat dalam fase perencanaan sebelumnya atau melacak anggaran Anda.

Bagian dari tugas mereka adalah mengoordinasikan semua yang terlibat pada hari H, memastikan bahwa semua orang sesuai jadwal dan kesepakatan yang telah dibuat. Wedding organizer memastikannya semuanya beres, tidak ada yang dilupakan, dan Anda bebas menikmati hari pernikahan Anda.

Sewa wedding organizer jika Anda ingin tetap berperan aktif dalam merencanakan pernikahan Anda, tetapi ingin seseorang mengurus detail di menit-menit terakhir dan memastikan Anda tidak melewatkan apa pun. Pastikan Anda mampu mengorganisir dan merinci dengan detail setiap tahap perencanaan pernikahan. Selain itu sewalah jasa wedding organizer jika tempat resepsi pernikahan bukan diselenggarakan di hotel, restoran, atau banquet hall yang tidak menyediakan wedding organizer dalam paket mereka.

Dapatkan paket pernikahan all in eksklusif lengkap dengan wedding organizer berpengalaman hanya di Hotel Kristal Jakarta. Diskusikan dengan kami segera!

 

Wedding Designer


 

Peran designer pernikahan adalah murni menangani estetika dan tidak mencakup hal-hal seperti negosiasi kontrak atau menghadiri janji temu dengan pengantin wanita.

Tugas seorang Wedding Designer adalah menciptakan konsep design pernikahan, mengkhususkan diri dalam design dan style sebuah acara pernikahan, berkonsultasi tentang segala hal mulai dari denah lantai dan design pencahayaan hingga bunga, furnitur, ornamen, dan pakaian, serta mengawasi anggaran vendor dekorasi.  Mereka membantu mewujudkan konsep pernikahan yang Anda inginkan. Kemampuan merancang acara dan menciptakan suasana adalah bakat yang unik dan langka dari seorang wedding designer. Seorang designer memiliki mata artistik yang memungkinkan mereka untuk membuat konsep keseluruhan acara dan benar-benar mengubah ruang.”

Sewa perancang pernikahan jika dekorasi adalah elemen terpenting dalam pernikahan untuk anda.    Anda mencoba melakukan tema yang sangat spesifik atau anda memiliki sejuta ide gaya pernikahan yang tidak dapat anda persempit.